Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Gadai BPKB Mobil Jakarta Anda Ditolak

Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Gadai BPKB Mobil Jakarta Anda Ditolak

Meminjam uang atau berhutang memang bisa menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang tengah membutuhkan dana untuk menutup satu kebutuhan tertentu. Misalnya, Anda tengah mengalami kesulitan dari segi ekonomi, bahkan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ataupun yang paling sering adalah mengajukan pinjaman untuk mendapatkan modal usaha. Namun mengajukan pinjaman, apalagi dalam bentuk gadai, butuh perhatian khusus, termasuk apa penyebab pengajuan gadai BPKB mobil Jakarta Anda ditolak.

Karena selama ini, sudah memiliki angan-angan atau rencana bisnis. Namun, tak kunjung direalisasikan karena keberadaan dana atau modal yang kurang. Anda bisa mengambil pinjaman berbasis KTA ataupun dengan gadai BPKB mobil Jakarta.

Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Gadai BPKB Mobil Jakarta Anda Ditolak

Produk gadai pada dasarnya termasuk dalam jenis Kredit Multiguna. Pinjaman yang satu ini memang berbeda dibandingkan dengan KTA. Salah satunya adalah dari segi keberadaan agunan karena memang mewajibkan Anda untuk menyertakan adanya agunan atau jaminan untuk bisa ambil kredit di sana.

Pinjaman yang satu ini, mungkin terasa membebani bagi beberapa orang, karena harus menyertakan adanya agunan. Namun di satu sisi, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan. Termasuk, karena beban biaya tambah yang diberikan tidak sebanyak ketika Anda mengambil pinjaman dalam bentuk KTA.

Namun juga patut untuk diketahui bahwa tidak ada jaminan nantinya permintaan gadai Anda juga akan langsung diterima begitu saja. Faktanya ada banyak orang yang mengajukan gadai, namun ditolak oleh lembaga pembiayaan tersebut, nyatanya beberapa hal berikut ini bisa menyebabkan permintaan gadai ditolak, yaitu:

1. Dokumen Tidak Lengkap Jadi Penyebab Gadai BPKB Mobil Ditolak

Faktor pertama yang menjadi penyebab permintaan gadai ditolak adalah karena dokumen yang Anda berikan tidak lengkap. Pada dasarnya, ini termasuk kesalahan yang paling sepele dan bisa diperbaiki, yaitu dengan cara melengkapi dokumen yang diminta.

Namun pastinya, Anda jadi buang-buang waktu hanya untuk bolak-balik mengajukan. Andai Anda memeriksa kelengkapan dokumen dengan lebih teliti dalam pengajuan pertama kali, acara bolak-balik mengurus pengajuan pinjaman tidak perlu terjadi. Jangan lupa, periksa pula dengan teliti daftar syarat dan ketentuan yang diberikan pihak pemberi kredit, sebelum mengajukan kredit tersebut.

2. Usia Kendaraan Sudah Terlalu Tua

Menggadaikan kendaraan tidak seperti tanah atau rumah, karena memang ada batasan usianya. Biasanya, mobil yang diajukan untuk digadaikan tidak boleh lebih dari 5 tahun setelah masa pakainya. Karena semakin tua kendaraan, performanya tidak lagi sebagus dulu, sehingga harga jualnya juga akan mengalami penurunan drastis. Ingat bahwa mesin ini lebih mudah rusak.

3. Pajak Kendaraan Tidak Aktif

Faktor lain penyebab pengajuan gadai Anda ditolak bisa karena pajak kendaraan yang memang tidak aktif. Setiap kendaraan memang dikenai pajak. Anda sebagai warga negara yang baik hendaknya juga harus rutin dalam membayar pajak tersebut. Karena jika seandainya pajak kendaraan tersebut tidak aktif, atau tidak pernah dibayar, maka lembaga pemberi pinjaman dalam bentuk gadai BPKB ini juga tak mau menyetujui pengajuan gadai Anda.

4. Riwayat Kredit yang Buruk

Di masa sekarang ini, riwayat kredit bisa diperiksa terlebih dahulu secara mudah lewat SLIK OJK. Di sana nantinya, akan terlihat jelas bagaimana history kredit Anda sebelumnya. Apakah rutin dalam membayar cicilan ataukah tidak? Bahkan jika seandainya Anda masih memiliki hutang pada sebuah lembaga keuangan nantinya juga akan tampak jelas di sana. Lembaga pemberi pinjaman manapun sudah pasti tak mau ambil resiko memberikan kredit pada nasabah yang pernah bermasalah sebelumnya.

Setidaknya, itulah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu permintaan gadai BPKB mobil Jakarta Anda juga akan ditolak. Sehingga, harus selektif sebelum mengajukan pinjaman. Jikapun nantinya satu lembaga tersebut menolak permintaan kredit Anda, maka bisa mencari alternatif lain, ajukan kredit pada lembaga keuangan yang lainnya.

Produk pinjaman uang semacam ini mudah dijumpai di tengah-tengah masyarakat, tak hanya pada bank saja, melainkan lembaga keuangan non bank yang lainnya. Semoga artikel Penyebab Pengajuan Gadai BPKB Mobil Jakarta Anda Ditolak bisa membantu Anda untuk lebih teliti mempersiapkan berbagai persyaratan sebelum mengajukan gadai BPKB mobil.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *