Pentingnya Kehadiran Orang Tua Bagi Tahap Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Kehadiran Orang Tua Bagi Tahap Tumbuh Kembang Anak

Saat ini teknologi berkembang begitu cepat, pastinya mempengaruhi juga tumbuh kembang anak. Saya dan suami sempat mengkhawatirkan hal ini, terutama saat melihat ada banyak anak-anak di sekitar kami yang masih kecil sudah menghabiskan banyak waktu dengan gadget. Padahal selain gadget, hal paling penting ya kehadiran orangtua kan, ya? Itulah alasan yang akhirnya mendorong saya menuliskan artikel pentingnya kehadiran orang tua bagi tahap tumbuh kembang anak.

Anak dan Teknologi

Pastinya setiap orang tua merasa khawatir akan perkembangan anak-anaknya yang saat ini begitu cepat menyerap apapun yang mereka lihat, entah melalui teknologi maupun dari lingkungan sekitar. Apalagi bagi orang tua yang tak bisa berlama-lama mengurus buah hati mereka dikarenakan pekerjaan yang menyita atau harus bekerja di luar rumah. Tapi tidak seharusnya kesibukan menghabiskan seluruh waktu yang ada sehingga kita tak bisa mengikuti perkembangan anak-anak kita kan, ya?

Pentingnya Kehadiran Orang Tua Bagi Tahap Tumbuh Kembang Anak

Dalam kasus seperti ini, tak sedikit anak-anak yang tumbuh dewasa lebih cepat dari seharusnya tanpa bimbingan orang tua. Karena banyak di antaranya orang tua yang membiarkan anaknya tumbuh bersama teknologi yang cepat sekali berubah ini tanpa pengawasan yang baik. Sedangkan anak-anak adalah mesin fotocopy terbaik yang bisa menangkap apapun yang ia lihat secara langsung, apalagi berulang di tiap harinya. Dengan begitu, anak-anak yang kurang pengawasan orang tua ini menjadi kurang terkendali.

Padahal sejatinya dalam masa tahap tumbuh kembang anak yang terbagi menjadi beberapa tahap ini, akan lebih sempurna jika kedua orang tua hadir di antaranya. Pentingnya kehadiran orang tua dalam tahap tumbuh kembang anaknya menjadi point penting yang tidak bisa tergantikan. Sebab orang tua akan berperan sebagai pendukung utama, pembimbing, dan pengawas. Sehingga anak akan tumbuh dengan sewajarnya tanpa kehilangan kehangatan orang tua. Anak yang tumbuh dan berkembang bersama kehadiran orang tua di sisinya cenderung lebih hangat dan ramah.

Namun ada yang nggak kalah pentingnya selain kehadiran orang tua bagi tahap tumbuh kembang anak. Itu adalah kecakapan orang tua menerjemahkan setiap kebutuhan anaknya. Kebutuhan anak nggaklah selalu berwujud benda. Sebab anak-anak juga membutuhkan pengertian dari kedua orang tua mereka.

Banyak orang tua yang kurang sabar ketika berhadapan langsung dengan anaknya. Khususnya di masa-masa keemasan pertumbuhan anak. Di mana si anak akan lebih sering bertanya tentang apa yang ia nggak pahami. Di sinilah pentingnya kehadiran orang tua yang harus mampu mengedukasi anak dengan baik. Seperti kata orang yang menyebutkan bahwa pendidikan pertama anak kita adalah di rumah, bersama orang tuanya.

Lalu bagaimana orang tua harus menjawab kebutuhan anak-anaknya ketika mereka bertanya tentang hal yang orang tuanya tidak pahami juga?

Menjawab asal-asalan akan menyebabkan kekeliruan pada anak hingga waktu yang panjang. Untuk itu orang tua harus senantiasa belajar dan menambah wawasan di setiap harinya. Sebab terkadang pertanyaan anak itu bisa diluar perkiraan orang tuanya.

Bagi orang tua yang khawatir nggak bisa membimbing anaknya dengan baik di masa tumbuh kembangnya. Maka setiap orang tua disarankan untuk mengikuti kelas-kelas edukasi parenting yang bermanfaat. Sering membaca buku yang berhubungan dengan tahap tumbuh kembang anak. Meskipun sederhana cara berfikir anak kita, tapi di dalamnya terdafat kompleksitas yang sangat tinggi yang kadang nggak bisa kita tebak sebagai orang tuanya.

Jadi pada akhirnya kehadiran orang tua menjadi sangat penting bagi pertumbuhan anak-anaknya. Ikuti semua tahapnya dengan benar supaya anak bertumbuh dengan wajar dan seperti seharusnya. Biarkan anak belajar melalui masa-masa keemasannya dengan terus didampingi. Jika merasa belum yakin dengan kemampuan mendampingi, jangan malu untuk belajar bersama anak-anak. Itu juga akan membantu anak lebih dekat dengan orang tua.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *