Jasa Pengiriman Paket untuk Bisnis Online

Jasa Pengiriman Paket untuk Bisnis Online

Di era teknologi internet yang serba canggih saat ini, kebanyakan orang lebih memilih memenuhi kebutuhan hidup dengan berbelanja online. Alasannya ya karena praktis dan lebih hemat. Itu sebabnya, peluang bisnis online hingga hari ini masih terbuka lebar, begitu pun dengan jasa pengiriman paket untuk bisnis online.

jasa pengiriman paket

Nah bagi yang baru memulai bisnis online, saya akan coba rangkumkan langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

3 Langkah Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online sebenarnya sangat mudah karena saat ini sudah banyak e-commerce yang bisa diajak kerja sama. Di saat yang sama, media sosial yang ada saat ini juga terus melakukan inovasi.

Hampir semua jenis media sosial telah melengkapi fitur-fitur mereka yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung siapa pun yang ingin menjalankan bisnis secara online. Pembahasan media sosial bagi bisnis online nanti kita bahas di artikel lain saja ya. Saat ini, saya akan membagikan 3 langkah memulai bisnis online dulu.

1. Penuhi Kebutuhan Orang Lain

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika hendak memulai bisnis online adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Artinya, produk atau jasa yang disediakan bisnis kita adalah apa yang dibutuhkan banyak orang.

Untuk itu, coba lakukan riset terlebih dahulu. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi dan data terkait hal-hal yang banyak dibutuhkan orang. Lalu lihat lagi, apakah bisnis yang mau dijalankan mampu memenuhi kebutuhan mereka dan bisa dijalankan secara online.

2. Analisis Kompetitor

Setelah tahu apa yang banyak dibutuhkan orang, selanjutnya cari tahu pula kompetitor yang sudah ada. Maksudnya, pebisnis lain dengan produk dan jasa yang sama dengan bisnis online yang mau kita jalankan.

Contoh: Kita ingin mulai berbisnis online makanan rumahan. Nah, kita harus tahu dulu bagaimana orang lain menjalankan bisnis serupa, mulai dalam jenis makanan, pengemasan, pengiriman produk, variasi yang tersedia, dan sebagainya.

Cari kelebihan dan kekurangannya. Pelajari bagaimana mereka melayani pembeli secara online. Lalu jadikan hasil analisis tersebut sebagai masukan untuk membuat produk atau jasa bisnis kita bisa berbeda dengan yang sudah ada.

3. Branding

Kalau semuanya sudah siap, langkah memulai bisnis online berikutnya adalah melakukan branding. Kita perlu mengenalkan bisnis online yang hendak kita jalankan ini seluas mungkin. Semakin luas jangkauan pasar yang menjadi target kita akan semakin baik.

Membangun branding bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media, seperti Instagram, Facebook, atau dengan membuat website. Meskipun nanti kita jualannya di e-commerce, kita tetap bisa mengintegrasikannya dengan sosial media.

Jasa Pengiriman Paket untuk Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online, kita juga perlu memperhatikan masalah pengiriman produk agar bisa diterima oleh pembeli dengan tepat waktu, berbiaya terjangkau, dan dalam kondisi yang aman.

Kalau bisnis online kita bekerja sama dengan e-commerce, biasanya pihak e-commerce telah menyediakan pilihan-pilihan jasa pengiriman paket yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika kita menjalankan bisnis dari rumah, pemilihan jasa pengiriman paket ini harus kita sendiri yang menentukannya.

Berikut beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih jasa pengiriman paket.

1. Jasa Pengiriman Paket Terpercaya

Untuk memilih jasa pengiriman paket, pilihlah yang semua transaksi bisa dilakukan secara online agar memudahkan dan lebih praktis. Lalu pilih yang bisa dipercaya serta penjemputan dan pengantaran paketnya sesuai jadwal.

Oh ya, satu lagi, usahakan ada fasilitas tracking nomor resi ya, supaya pembeli produk kita juga bisa ikut memantau pengiriman paket tersebut. Selain itu, jasa pengiriman paket yang dipilih juga harus memiliki jaminan keamanan yang bagus. Artinya, produk kita akan dengan aman sampai di tangan pembeli.

2. Sudah Memiliki Nama dan Rute yang Terintegrasi

Jasa pengiriman sebaiknya adalah yang sudah memiliki nama dan banyak digunakan orang. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan pelanggan bisnis online kita. Jasa pengiriman barang yang dipilih sebaiknya juga yang sudah memiliki rute lengkap, baik di dalam maupun di luar kota. Bagusnya lagi kalau kita memilih jasa pengiriman barang yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

3. Harga Kompetitif

Harga yang kompetitif akan mengurangi beban biaya pengiriman bagi pelanggan. Ini tentu saja akan menjadi pertimbangan untuk pelanggan yang ingin melakukan pembelian di bisnis online yang sedang kita jalankan. Jasa pengiriman paket yang baik juga seharusnya memiliki price list atau standart harga tersendiri yang sudah ditentukan sejak awal sehingga bisa memudahkan kita menentukan harga pengiriman ke pelanggan.

Jasa Pengiriman Paket
Memilih Jasa Pengiriman Paket

GoSend dan GoBox Jasa Pengiriman Paket dan Barang Terpercaya

Sudah pernah dengar tentang GoSend dan GoBox? Sudah pernah dong ya harusnya. GoSend adalah jasa pengiriman paket dengan barang-barang yang dikirimkan kurang dari 20kg. Sementara GoBox akan menjadi solusi pengiriman barang yang berukuran besar atau dengan berat lebih dari 20kg.

Apa saja nih keuntungan menggunakan GoSend dan GoBox sebagai solusi jasa pengiriman paket?

  1. Proses untuk memesan jasa pengiriman sangat mudah, bisa dilakukan kapan pun dibutuhkan dan pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek, melalui Web Portal atau dengan GoSend API.
  2. Proses pengiriman cepat dan ada fitur untuk melacak barang dan paket yang dikirimkan. Jadi ketika ada perubahan status transaksi maka baik pengirim maupun penerima bisa mendapatkan notifikasi.
  3. Satu kali pesan bisa untuk beberapa alamat lho. Ini jelas sangat memudahkan bagi kita yang menjalankan bisnis online. Satu kali pesan bisa langsung melakukan pengiriman beberapa paket ke beberapa pelanggan sekaligus.
  4. Seluruh proses pengiriman, baik GoSend maupun GoBox dilindungi asuransi tanpa disertai tambahan biaya apa pun. Artinya, menggunakan jasa GoSend dan GoBox ini sebagai solusi jasa pengiriman paket memiliki tingkat keamanan yang terjamin.
  5. Area pengiriman luas dan sudah banyak menjangkau kota-kota di Indonesia.

 

Sudah siap memulai bisnis online? Langsung mulai saja sih dan jangan lupa siapkan pula jasa pengiriman paket sebagai layanan tambahan bagi pelanggan untuk bisa menerima produk yang kita jual dengan cepat, aman, dan dengan biaya pengiriman yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *