Mengenal Low Back Pain Penyebab dan Cara Mencegahnya

Mengenal Low Back Pain Penyebab dan Cara Mencegahnya

Pernahkah Anda merasakan nyeri pada bagian belakang tubuh dekat pinggang? Rasa nyeri ini tidak terjadi hanya sesekali, namun terasa terus menerus. Jika pernah, bisa jadi Anda mengalami Low Back Pain (LBP). Apa sih sebenarnya Low Back Pain?

Low Back Pain (LBP) adalah rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah. Kalau dibiarkan dan tak segera ditangani maka rasa nyeri tersebut bisa menjalar hingga ke kaki. Pada kondisi tertentu, rasa nyeri bisa teramat sangat hingga penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak dan harus bed rest atau malah ada yang sampai dirawat di rumah sakit.

Di Amerika, Low Back Pain (LBP) pernah dikeluhkan kurang lebih 80 persen penduduk di sana. Sementara di Indonesia, diperkirakan jumlahnya pun sama banyaknya, hanya saja kebanyakan orang lebih sering mengabaikan rasa nyeri di bagian pinggang belakang tersebut. Padahal mengabaikan rasa nyeri di bagian tubuh mana pun sangatlah berbahaya. Low Back Pain (LBP) sendiri bisa merupakan gejala yang merujuk suatu penyakit dan perlu sekali untuk dicari penyebabnya sebelum terlambat. Penemuan penyebab timbulnya rasa nyeri yang dilakukan sedini mungkin akan membuat proses pengobatan dan penyembuhan menjadi lebih cepat.

Penyebab Low Back Pain

Pada dasarnya, rasa nyeri yang muncul di bagian pinggang bawah ini bisa disebabkan karena terjadinya tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang (saraf terjepit), yang disebabkan adanya gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada sarafnya sendiri, atau karena ada kelainan tulang belakang maupun kelainan di tempat lain, misalnya infeksi, batu ginjal, dan lain-lain.

Ketegangan otot atau yang disebut juga spasme otot merupakan penyebab terbanyak dari Low Back Pain. Ketegangan otot ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan, atau bisa pula karena terjadi pengapuran tulang belakang di sekitar pinggang yang mengakibatkan jepitan pada saraf dan berakibat timbullah rasa nyeri.

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) adalah terdorongnya nucleus pulposus, suatu zat yang berada di antara ruas-ruas tulang belakang, ke arah belakang, baik lurus maupun ke arah kanan atau kiri, sehingga menekan sumsum tulang belakang. Rasa nyeri bisa pula akibat tekanan/tarikan serabut-serabut saraf di area sekitar pinggang. Penyebab HNP bisa karena trauma, terbentur, kecelakaan, atau karena suatu penyakit, seperti tumor, infeksi, batu ginjal, dan sebagainya.

Untuk tahu penyebab secara pasti timbulnya Low Back Pain (LBP), ada baiknya sesegera mungkin memeriksakan diri ke pusat perawatan kesehatan terkait, pemeriksaan dengan foto rontgen tulang belakang, scanning, MRI, dan metode pemeriksaan lainnya yang dianjurkan petugas medis. Intinya, mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sehingga bisa menentukan pengobatan yang tepat demi menghilangkan rasa sakit (sekaligus penyakit jika memang sedang mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan Low Back Pain).

Penanganan yang terbaik adalah dengan menghilangkan penyebabnya (kausal), walaupun bagi yang mengalaminya, yang terpenting adalah menghilangkan rasa sakitnya (simptomatis). Untuk mencari penyebab yang tepat, selain dengan pemeriksaan foto rontgen poros tulang belakang, kadang diperlukan pemeriksaan khusus misalnya scanning, MRI, dan lain-lain.

Cara Mencegah Low Back Pain

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nasihat ini benar adanya. Bagaimanapun lebih enak memiliki tubuh sehat dan terbebas dari sakit daripada harus mengalami rasa sakit yang berkepanjangan. Untuk dapat memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari Low Back Pain, lakukan cara mencegah low back pain, sebagai berikut:

  • Olahraga teratur dengan intensitas cukup. Pilih pula gerakan olahraga yang tepat.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, asam urat, dan lainnya, agar memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang.
  • Usahakan jangan sampai terjadi kelebihan berat badan.
  • Jalani pola hidup sehat dengan lingkungan sehat, udara yang bersih, dan hindari polusi yang berlebihan.
  • Hidup teratur bebas stres.

Semoga setelah mengenal low back pain, penyebab, dan cara mencegahnya, maka Anda bisa terhindar dari rasa nyeri di pinggang ini. Andaipun saat ini sering merasakan nyeri akibat Low Back Pain (LBP), segeralah memeriksakan diri dan lakukan pengobatan yang dianjurkan petugas medis. Mari hidup sehat bebas penyakit.

Related Post

Hidup Bebas Stres

Hidup Bebas Stres

Tekanan pekerjaan dan kondisi sehari-hari di dalam rumah seringkali membuat orang merasa stres dan menjadi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *