Kenali Tanda Pasangan Berselingkuh

Kenali Tanda Pasangan Berselingkuh

Beberapa tahun terakhir banyak sekali berita mengenai perselingkuhan yang berakibat bubarnya suatu rumah tangga. Ketika perceraian terjadi, memang pastilah sakit hati dan kecewa, namun dampak yang paling besar akan lebih dirasakan oleh anak-anak. Perceraian bisa dicegah asalkan tahu penyebab semua ketidakharmonisan dalam rumah, termasuk mengenali sedini mungkin tanda pasangan berselingkuh.

Tanda Pasangan Berselingkuh

Ada cukup banyak situs yang membahas mengenai relationship dan tanda pasangan berselingkuh, beberapa di antaranya, yaitu:

1. Lebih Tertutup

Jika sebelumnya pasangan lebih sering bercerita apa pun atau meletakkan ponselnya secara sembarangan, lalu tiba-tiba jadi jarang bercerita, kalau ditanya lebih banyak mengelak, bahkan ia menjadi sangat berhati-hati saat meletakkan ponselnya, apalagi sampai menggunakan password untuk membuka ponsel, maka waspadalah. Ada beberapa kemungkinan jika perubahan perilaku ini terjadi, misalnya karena sedang ada masalah berat terkait pekerjaan dan ia tak ingin membuat Anda khawatir, atau bisa jadi pasangan berselingkuh dan tetap tidak ingin menyakiti hati Anda.

Solusi: carilah cara agar komunikasi bisa berjalan lancar lagi, tapi jangan mendesaknya. Ajaklah pasangan dengan cara yang halus untuk melakukan aktivitas bersama. Tunjukkan kalau Anda masih sangat mencintainya. Lelaki sebaik apapun bisa saja jatuh dalam khilaf dan tergoda, tetapi hatinya pastilah akan luluh dengan kebaikan dan cinta yang Anda tunjukkan.

2. Boros Tanpa Alasan Jelas

Ada cukup banyak lelaki yang tidak terlalu perhitungan akan uang yang ia keluarkan, terutama jika berkaitan dengan hobi yang sedang ia tekuni. Tetapi pengeluaran uang yang jelas, seperti ia senang membeli mainan miniatur, senang modifikasi mobil atau motor, terlihat jelas uangnya habis untuk apa. Sebaliknya, ketika Anda mendapati pasangan kehabisan uang terus dan tidak jelas untuk apa maka Anda patut waspada, apalagi kalau sampai menemukan bukti-bukti pembayaran makan di luar yang terlalu sering atau menemukan bill hotel yang sama sekali tak berkaitan dengan pekerjaannya atau dengan Anda.

Solusi: ajak suami menyusun laporan keuangan keluarga dan bertanyalah (tanpa mendesak) ke mana ia membelanjakan uangnya. Di saat yang sama, Anda mesti pandai pula menyimpan uang dan ketika suami hendak meminta uang Anda, katakan jika uang tersebut sudah dimasukkan ke rekening tabungan untuk dana darurat.

3. Intensitas Lembur Meningkat

Sebagai seorang profesional yang bekerja di luar rumah, terutama bagi pasangan yang bekerja kantoran, wajar kalau ia sesekali lembur. Tetapi saat Anda menemukan intensitas pasangan bekerja lembur terlalu sering, bisa jadi pasangan berselingkuh dan menggunakan alasan lembur sebagai cara ia bisa pulang terlambat. Di saat yang sama, Anda juga tak bisa serta merta menuduh pasangan yang sering lembur ini sebagai pasangan berselingkuh. Anda perlu membuktikannya terlebih dahulu.

Solusi: ketika suami mengatakan akan lembur, cobalah beri kejutan dengan mengantarkan makan malam ke kantornya. Atau cobalah bertanya dengan orang kantornya yang kebetulan Anda kenal baik, seberapa sering suami lembur. Jika bukti-bukti telah kuat kalau memang benar pasangan berselingkuh, barulah ajak pasangan berkomunikasi. Apakah ia ingin tetap melanjutkan rumah tangga bersama Anda atau mengakhirinya saja. Ada cukup banyak pasangan yang berselingkuh akibat ketidaksengajaan, padahal ia masih takut kehilangan Anda. Cari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

4. Peduli Terhadap Penampilan

Pasangan yang awalnya cuek dengan penampilan tiba-tiba begitu peduli terhadap penampilannya bisa jadi tanda pasangan berselingkuh. Tapi sekali lagi, Anda tidak bisa juga serta merta langsung curiga kalau pasangan berselingkuh karena cukup banyak pasangan yang mengalami perubahan gaya dan penampilan malah demi membahagiakan pasangannya.

Solusi: komunikasi tetap cara terbaik untuk menyelesaikan banyak masalah dalam rumah tangga. Cobalah jalin komunikasi yang baik. Jika belum berhasil, mungkin Anda bisa meminta bantuan keluarga terdekat untuk mencarikan solusi, atau seorang profesional yang biasa mengatasi masalah dalam pernikahan.

5. Bisa Lebih Cuek atau Bisa Lebih Sayang

Kembali ke poin awal, banyak pasangan yang berselingkuh akan menarik diri dengan orang yang disayanginya. Ia bisa jadi lebih tertutup atau malah jadi lebih cuek. Ini karena kebanyakan lelaki tidak bisa membagi fokus pada beberapa hal (orang) sekaligus. Tetapi ada pula pasangan berselingkuh yang menjadi lebih sayang dengan pasangannya yang di rumah karena perasaan bersalah yang menderanya. Juga ada ketakutan kalau ketahuan. Amati perubahan pasangan ini dan cari tahu lebih banyak dulu sebelum men-judge kalau pasangan Anda berselingkuh. Faktor tekanan pekerjaan juga bisa menjadi penyebab seorang lelaki lebih cuek dengan rumah karena fokusnya lebih pada solusi untuk menyelesaikan masalahnya.

Solusi: saat pasangan menjadi cuek dan menarik diri, Anda jangan ikutan menarik diri dan menjauhinya, sebaliknya mendekatlah. Cobalah merangkulnya. Tawarkan bantuan jika ia mengatakan sedang berada dalam masalah. Kalau pada faktanya memang pasangan benar berselingkuh, carilah solusi dulu sebelum memutuskan berpisah. Banyak kok pasangan yang pernah berselingkuh akhirnya bisa berbaikan kembali dengan pasangannya dan memperbaiki komitmen pernikahan mereka.

Mengenali tanda pasangan berselingkuh bisa jadi langkah awal mencegah perpisahan dan mempertahankan bahtera rumah tangga yang telah dibangun. Tanda-tanda pasangan berselingkuh dalam tulisan ini hanyalah “warning” kecil yang patut Anda waspadai. Sekali lagi, tetap perlu mencari tahu lebih banyak terlebih dahulu sebelum menuduh pasangan berselingkuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *