Jaga Kesehatan Telinga Dengan Rumus 60 per 60

Jaga Kesehatan Telinga Dengan Rumus 60 per 60

Mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang. Perhatikan saja ketika sedang berada di komuter line, di kereta, di bus, atau di pusat keramaian, cukup banyak orang mengenakan earphone di telinga. Kegiatan mendengarkan musik di mana pun dan kapan pun ini didukung pula dengan teknologi smartphone yang dilengkapi fitur-fitur untuk mengakses musik maupun film baik secara online maupun offline.

Tidak ada yang salah mendengarkan musik dengan earphone kapan pun dan di mana pun tadi, namun cara mendengarkannya yang salah bisa memberi dampak buruk bagi telinga.

Berdasarkan data penelitian yang berhasil dihimpun WHO ditemukan bahwa kurang lebih 50 persen orang berusia 12-35 tahun senang mendengarkan musik dengan volume keras yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada sistem pendengaran manusia.

Jaga Kesehatan Telinga Dengan Rumus 60 per 60

Perlu diketahui, di telinga bagian dalam terdapat sel-sel rambut yang berfungsi mendeteksi gelombang suara dan mengirimkannya sebagai sinyal saraf, sehingga otak akan mampu menganalisisnya sebagai suara.

Kebiasaan menggunakan earphone untuk mendengarkan musik atau suara dengan volume berlebihan bisa merusak sel-sel rambut di dalam telinga tadi dan akibatnya pendengaran pun terganggu. Apakah pendengaran yang terganggu bisa disembuhkan? Nah ini nih masalahnya. Sel-sel rambut di dalam telinga yang sudah terlanjur rusak tidak bisa tumbuh kembali. Artinya, kerusakan sel-sel rambut tidak bisa disembuhkan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga?

Dikutip dari detikhealth, yang kemudian ditulis ulang di majalah Mediakom Edisi 91, Februari 2018, dr. Damayanti Soetjipto, SpTHT-KL, Ketua Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT), menganjurkan untuk menggunakan rumus 60 per 60.

Rumus 60 per 60 artinya mendengarkan musik atau hiburan lainnya hanya dengan menggunakan volume maksimal 60 persen dan dalam waktu 60 menit sehari. Jika masi ingin menggunakan earphone untuk mendengarkan musik atau hiburan lainnya, telinga perlu diistirahatkan atau diberi jeda dulu.

Yuk jaga kesehatan telinga dengan rumus 60 per 60. Pada nggak mau kan kalau sampai kehilangan kemampuan mendengar di usia muda?

Related Post

Hidup Bebas Stres

Hidup Bebas Stres

Tekanan pekerjaan dan kondisi sehari-hari di dalam rumah seringkali membuat orang merasa stres dan menjadi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *